Visi Misi dan Motto

VISI

Visi merupakan suatu keadaan yang harus diwujudkan pada masa yang akan datang. Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010, Visi, adalah  cita-cita atau kondisi ideal masa depan (desired future) daerah yang ingin dicapai dalam masa jabatan selama 5  tahun

Berangkat dari kriteria-kriteria tersebut telah dirumuskan visi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Jepara Tahun 2017-2022 yaitu :

“MEWUJUDKAN JEPARA MADANI YANG BERKARAKTER, MAJU DAN BERDAYA SAING

Dengan mengacu pada misi Pemerintah Kabupaten Jepara maka Dinas Komunikasi dan Informatika akan melaksanakan makna yang terkandung dalam visi tersebut yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

 Madani yaitu daerah yang memiliki ahlak mulia, peradaban maju, modern, kreatif, bekerja keras, bertanggung jawab, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki kesadaran sosial yang kuat, gotong royong, toleran, dalam sistem politik yang demokratis dan ditopang oleh supremasi hukum yang berkeadilan, berpendidikan maju, berbudaya, aman, nyaman, damai, sejahtera, bertanggungjawab serta berlandaskan iman dan taqwa.

Berkarakter menunjukkan bahwa Kabupaten Jepara sebagai kota yang memiliki watak, kepribadian yang arif dan religius dengan mempertahankan budaya lokal yang tercermin dalam perilaku warga yang berlandaskan falsafah pancasila serta menjaga keseimbangan sumber daya alam secara turun temurun dengan aktifitas kehidupan masyarakatnya. Selain itu, ciri dan potensi sumberdaya alam yang dimiliki Jepara cukup menunjukkan keunggulannya dibandingkan dengan daerah lain. Jepara memiliki sumber daya yang hampir sempurna, yakni meliputi pegunungan, hutan, pemukiman, pesisir dan kepulauan.

Maju artinya bahwa pelaksanaan pembangunan daerah senantiasa dilandasi dengan keinginan bersama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik didukung oleh sumber daya manusia yang handal, berdaya saing serta pengelolaan pembangunan yang berkelanjutan sehingga mampu menyesuaikan dan mengikuti tuntutan perkembangan jaman. Perwujudan kemajuan tercermin dari sikap dan perilaku masyarakat yang tanggap dan antisipatif terhadap perkembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas kehidupan, melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan, dan implementasi nilai-nilai universal masyarakat modern.

Berdaya saing artinya kemampuan perekonomian daerah dalam mencapai pertumbuhan, tingkat kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan siap berkompetisi  ditingkat lokal, regional, nasional dan internasional berbasis pada potensi unggulan daerah. Sebagai kota industri yang melakukan transaksi ekonomi baik regional maupun internasional, Jepara memiliki kemampuan daya saing yang cukup tinggi, didukung dengan banyaknya penduduk yang bekerja di sektor industri, ditopang oleh pengembangan infrastruktur ekonomi yang memadahi, pasar yang prospektif, sumber daya manusia yang kompetitif, regulasi yang mendukung, pelestarian lingkungan dan dukungan sumberdaya energi serta sumber daya lainnya.

 

MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Rumusan misi penting untuk memberikan kerangka bagi tujuan dan sasaran serta arah kebijakan yang ingin dicapai Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara serta menentukan jalan yang akan ditempuh untuk mencapai visi (Permendari No. 54 Tahun 2010). Rumusan misi hendaknya memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Menunjukkan dengan jelas upaya-upaya yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah utamanya di Dinas Komunikasi dan Informatika dalam rangka mewujudkan visi daerah;
  2. Disusun dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan strategis eksternal dan internal daerah;
  3. Disusun dengan menggunakan bahasa yang ringkas, sederhana, dan mudah diingat.