NU dan Muhammadiyah Deklarasi Anti Terorisme

0
198

JEPARA – Adanya serangan teroris ke sejumlah tempat ibadah gereja dan kantor kepolisian, membuat dua Ormas (Organisasi Masyarakat) Islam, yakni NU (Nahdlatul Ulama) dan Muhammadiyah Kabupaten Jepara, mendaklarasikan diri untuk memerangi terorisme, dan faham radikal, pada Senin (14/5) malam. Deklarasi berlangsung di Masjid Kholilurrohman Polres Jepara, dengan disaksikan Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Asisten I Setda Jepara Abdul Syukur, serta pengasuh pondok pesantren di Jepara.

Dalam deklarasi disebutkan, Ormas Islam Jepara yakni NU dan Muhammadiyah, mengutuk dan mengecam aksi terorisme serta tidak akan memberi ruang waktu dan kesempatan bagi aktivitas dan tumbuh kembangnya teroris beserta simpatisannya. Selain itu, menjadikan teroris dan simpatisannya sebagai musuh bersama umat islam di Jepara.

Kapolres Jepara AKBP Yudiyanto Adhi Nugroho menyatakan, dalam memberantas terorisme dibutuhkan kerjasama seluruh elemen masyarakat terutama tokoh agama dan tokoh masyarakat. Yudhi mengakui, tanpa dukungan masyarakat Polri tidak mampu dalam menjalaskan fungsi dan tugasnya.

Sementara itu Ketua PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Jepara KH Hayatun Nufus menuturkan, NU mengutuk keras tindakan yang dilakukan teroris. Menurutnya, NU memiliki kewajiban meluruskan faham radikalisme bukan hanya memberikan hukuman secara fisik. (DiskominfoJpr/Dian).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here